WEB LAMA
07 Mei 2024

SOTH

Sekolah Orang Tua Hebat, atau biasa disebut dengan SOTH, adalah sekolah pengasuhan yang digagas oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur. Sekolah ini merupakan terobosan untuk dapat meningkatkan kemampuan orangtua dalam mengasuh anak, terutama anak BALITA. Kegiatan ini terdiri dari Penyampaian Materi Pembelajaran, Pemeriksaan Kesehatan, Praktek Keterampilan, Senam, Permainan dan lain-lain.

Keluarga adalah tempat lahirnya benih generasi berkarakter dan sekolah adalah tempat tumbuh kembangnya generasi tersebut. Mengingat peran Ayah Bunda sebagai pendidik terpenting dalam masa tumbuh kembang anak, kami selaku pemerintah menyadari bahwa orangtua adalah mitra sejati bagi pendidik. Sebagai orangtua, kita tidak cukup hanya berdiri di luar pagar sekolah mengamati proses pendidikan anak-anak kita dari jauh. Tentu perlu kerja keras dari dua sisi.

Di Kelurahan Sarangan sendiri juga melaksanakan program ini. Dengan tujuan mendukung program dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan SOTH di Keluarahan Sarangan dimulai dari tanggal 2 Mei s/d 11 Juni 2024. Durasi Pertemuannya adalah 3x dalam seminggu. Untuk 1x pertemuan adalah 2 jam. Mengingat kesibukan dari para Orang Tua Hebat juga banyak. 

Kegiatan ini diikuti oleh 28 Orang Tua Hebat dari semua Wilayah Kelurahan Sarangan. Pemateri dalam kegiatan ini juga bermacam-macam. Mulai dari Dinas PLKB, Lurah Sarangan, Ketua TP PKK, Bidan Desa, Kader BKB, Dan lain-lain. Setiap pemateri juga memberikan materi yang berbeda-beda. Mulai dari Pengamatan Perkembangan-Pertembuhan anak, Pola Asuh, Peran Ayah-Ibu, dan lain-lain. 

Kegiatan Pembelajaran dilakukan dengan model diskusi santai. Dimana Orang Tua  Hebat diberikan kebebasan dalam menyampaikan pendapatnya. Setiap di akhir kegiatan selalu diadakan Post test, guna mengetahui hasil dari pembahasan materi pada hari tersebut.

Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi Orang Tua Hebat di wilayah Kelurahan Sarangan.

 

PRIMA SUHARDI PUTRA, SH, MH (LURAH)    SURATNO (SEKRETARIS KELURAHAN SARANGAN )    SRI ENDANG WAHYUNI, S.SOS (KASI PMEBERDAYAAN MASYARAKAT)    SETIA HADI (STAF)