WEB LAMA
15 Mei 2024

PELATIHAN PEMBUATAN MAKANAN OLAHAN DARI WORTEL DAN STROWBERRY

Pengertian Makanan olahan yang tepat adalah makanan  hasil proses dengan cara atau metode tertentu, dengan atau tanpa bahan tambahan, yang memenuhi standar keamanan, mutu, dan gizi. Makanan olahan yang tepat memiliki peran krusial dalam memastikan asupan nutrisi yang cukup dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Wortel adalah jenis sayuran akar yang sering disebut sebagai makanan sehat karena mengandung berbagai nutrisi atau gizi yang tinggi. Kandungannya Beta Karoten, Serat, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin K dan Kalium yang tinggi sehingga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi orang yang menkonsumsinya. Beberapa manfaat kesehatan yang sering dikaitkan dengan konsumsi Wortel adalah menjaga kesehatan mata, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, mengatasi sembelit dan menurunkan risiko penyakit kanker.

Strowberry atau stroberi merupakan salah satu buah yang menjadi favorit bagi semua orang di dunia. Strowberry memiliki rasa asam dan manis yang segar. Biasanya dikonsumsi begitu saja atau bisa juga dijadikan berbagai macam olahan seperti selai, jeli, dan minuman. Manfaatnya juga sangat banyak antara lain : mencegah sembelit, menurunkan darah tinggi, mencegah stroke, melindungi dari kanker, melindungi dari penyakit jantung dan lain-lain.

Pemilihan kedua jenis bahan utama ini adalah karena di wilayah Kelurahan Sarangan merupakan daerah penghasil wortel dan buah strowberry. Sayur wortel banyak ditanam di wilayah Lingkungan Ngluweng. Sedangkan Buah Strowberry banyak di tanam oleh warga masyarakat Lingkungan Sarangan dan Lingkungan Mandoran. Selama ini kedua bahan ini hanya dijual langsung ke pedagang, tanpa adanya proses pengolahan lagi untuk menambah nilai jual dari kedua hasil pertanian ini. 

Mengingat hal diatas maka, Pemerintah Kelurahan Sarangan berupaya memberikan pelatihan pembuatan makanan olahan dari wortel dan strowberry. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yang bertempat di Pendopo Lawas Kelurahan Sarangan. Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu dari Lingkungan Sarangan dan Lingkungan Ngluweng.  Narasumber dalam pelatihan ini adalah Ibu Endang Susilowati dari Madiun yang merupakan ouwner dari Cv. Aries 99. 

Hasil dari olahan wrotel antara lain, sariwortel untuk minuman, manisan wortel, dan mie wortel. Sedangkan strowberry sendiri di olah menjadi pie strowberry, kripik storwberry, dan raw strowberry. 

Dari hasil olahan ini dirasa sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke Telaga Sarangan. Ini bisa menjadi makanan khas dari wilayah Sarangan. 

Semoga kegiatan ini membberikan manfaat bagi Ibu-ibu di wilayah Kelurahan Sarangan. 

 

PRIMA SUHARDI PUTRA, SH, MH (LURAH)    SURATNO (SEKRETARIS KELURAHAN SARANGAN )    SRI ENDANG WAHYUNI, S.SOS (KASI PMEBERDAYAAN MASYARAKAT)    SETIA HADI (STAF)