WEB LAMA
05 Maret 2024

BESTIE (BERANTAS STUTING)

Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan yang dialami anak berusia di bawah 5 tahun, dimana pertambahan tinggi dan berat badannya tidak sesuai dengan usia. Di Indonesia, data dari Kementerian Kesehatan RI menunjukkan kasus stunting mengalami penurunan hingga mencapai 21,6% pada tahun 2022. Namun, angka ini masih tergolong tinggi karena berarti 1 dari 5 anak di Indonesia menderita stunting, sehingga diperlukan upaya untuk mencegah stunting pada anak oleh kita semua.  

Penyebab utama stunting adalah kondisi gizi buruk yang terjadi dalam jangka panjang, bahkan sejak anak masih berada dalam kandungan. Ketika makanan yang dikonsumsi ibu hamil tidak mampu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan, janin akan mengalami hambatan untuk tumbuh kembang secara optimal hingga kelahiran. Masalah kekurangan gizi bisa juga terjadi pada anak berusia di bawah 2 tahun, dimana kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi oleh ASI (air susu ibu) dan MPASI (makanan pendamping ASI yang dikonsumsinya. 

Penyebab lainnya adalah infeksi yang terjadi berulang kali, kurangnya sanitasi dan persediaan air bersih, atau anak mengalami penyakit bawaan yang menghambat penyerapan nutrisi.

Gejala stunting baru mulai terlihat jelas saat anak mencapai usia 2 tahun, antara lain

  • Tinggi badannya lebih pendek daripada anak-anak seusianya.

  • Tidak mengalami kenaikan berat badan seperti anak-anak seusianya.

  • Lemas dan kurang aktif.

  • Lebih sering terserang infeksi

Mengingat bahaya dari stunting maka Pemerintah juga berinovasi dengan adanya "BESTI" (Berantas Stunting). Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan asupan penambah gizi kepada balita yang kurang gizi. Adapun pemberian paket gizi ini diberikan setiap bulan. Paket gizi ini terdiri dari susu formula, Telur, makanan tambahan balita, dan lainnya.

Kegiatan ini di mulai sejak Januari 2024. Semoga Kegiatan ini menjadi salah satu inovasi yang dapat memberantas stunting di Sarangan.

 

PRIMA SUHARDI PUTRA, SH, MH (LURAH)    SURATNO (SEKRETARIS KELURAHAN SARANGAN )    SRI ENDANG WAHYUNI, S.SOS (KASI PMEBERDAYAAN MASYARAKAT)    SETIA HADI (STAF)