WEB LAMA
04 September 2024

POSYANDU ILP

                                                                         

Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan kegiatan pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan di wilayah masyarakat Desa/Kelurahan . Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) bertujuan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Program ini merupakan transformasi dari pelayanan kesehatan di posyandu yang sebelumnya hanya melayani ibu hamil dan balita. 

Di wilayah Kelurahan Sarangan untuk pelaksanaan Posyandu ILP baru dilaksanakan di Lingkungan Singolangu. Hal ini dikarenakan Posyandu ILP membutuhkan sarana dan prasarana yang mendukung. Mulai dari tempat yang luas, meja kursi yang banyak, serta petugas kesehatan yang banyak pula. Karena dalam pelaksanaan Posyandu ILP ada banyak sekali peserta yang hadir. 
 
Setiap bulannya ada lebih dari 80 orang yang ikut memeriksakan kesehatan dalam kegiatan posyandu ILP ini, untuk jumlah balita tetap seperti pelaksanaan Posyandu biasanya. Setiap bulan pun ada tenaga medis dari yayasan Dompet Duafa yang ikut membantu pelaksanaan Posyandu ILP di Lingkungan Singolangu. Pemerintah Kelurahan Sarangan juga rutin memonitoring jalanya kegiatan Posyandu ILP ini. 
 
Antusias dari warga masyarakat sangat tinggi. Dari hal ini berpengaruh terhadap tingkat kesehatan masyarakat yang cenderung meningkat. Karena dengan rutin cek kesehatan kita dapat mengantisipasi bila mana ada penyakit yang menyerang tubuh. Deteksi dini terhadap penyakit memang sangat diperlukan, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.
 
 
PRIMA SUHARDI PUTRA, SH, MH (LURAH)    SURATNO (SEKRETARIS KELURAHAN SARANGAN )    SRI ENDANG WAHYUNI, S.SOS (KASI PMEBERDAYAAN MASYARAKAT)    SETIA HADI (STAF)