WEB LAMA
12 Agustus 2024

TROTOAR SEBAGAI WAJAH BARU SARANGAN

 

Trotoar atau pematang jalan  adalah jalur Pejalan Kaki yang umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan untuk menjamin keamanan pejalan kaki yang bersangkutan. Para pejalan kaki berada pada posisi yang lemah jika mereka bercampur dengan kendaraan, maka mereka akan memperlambat arus lalu lintas. Oleh karena itu, salah satu tujuan utama dari manajemen lalu lintas adalah berusaha untuk memisahkan pejalan kaki dari arus kendaraan bermotor, tanpa menimbulkan gangguan-gangguan yang besar terhadap aksesibilitas dengan pembangunan trotoar. Trotoar juga berfungsi memisahkan pejalan kaki tanpa menimbulkan gangguan-gangguan yang besar terhadap pejalan kaki dan pengendara kendaraan bermotor.

Selain dari fungsi utama dari trotoar adalah untuk meloindungi pejalan kaki, dewasa ini trotoar juga bisa berfungsi sebagai tempat istrahat maupun rekreasi. Seperti halnya di Malioboro Jogjakarta yang selalu ramai setiap malamnya untuk di kunjungi untuk sekedar jalan-jalan, atau juga untuk menjajaki makanan-makanan dan ngopi sambil menikmati malam di Jogjakarta. Sejak tahun 2023 di Kelurahan Sarangan sudah dimulai pembangunan refitaslisasi trotoar. Pembangunan ini dilaksanakan oleh Dinas PUPR Kabupaten Magetan. Harapan dari pembangunan ini adalah untuk mengembalikan fungsi dari trotoar dan sebagai wajah baru wisata Telaga Sarangan. 

PRIMA SUHARDI PUTRA, SH, MH (LURAH)    SURATNO (SEKRETARIS KELURAHAN SARANGAN )    SRI ENDANG WAHYUNI, S.SOS (KASI PMEBERDAYAAN MASYARAKAT)    SETIA HADI (STAF)