WEB LAMA
12 Agustus 2022

SURAN (BERSIH DESA) LINGKUNGAN SINGOLANGU


Suran (Bersih Desa) Lingkungan Singolangu

Menginjak bulan Muharam salah satu wilayah di Kelurahan Sarangan, tepatnya di wilayah Lingkungan Singolangu melaksanakan tradisi Suran (Bersih Desa).

Adapun tradisi suran (bersih desa) ini dilaksanakan setiap hari Jum'at Legi pada bulan Muharam. Namun untuk tahun ini dikarenakan pada bulan muharam tidak ada hari jum'at legi maka pelaksanaannya diganti dengan hari jum'at Kliwon. Dengan tujuan ini merupakan hari baik sesuai dengan arahan dari sesepuh Lingkungan Singolangu.

Prosesi Suran diawali dengan malam tirakatan pada kamis malam dengan menggelar doa bersama dan pemasangan alat ritual di beberapa titik wilayah Singolangu. Selanjutnya pada pagi hari warga masyarakat khusunya para laki-laki menggelar selamatan di punden Desa.

Acara berlanjut pada pukul 09.00 WIB yaitu arak-arakan tumpeng raksasa dan yang lianya mulai dari kediaman Mbah Bayan (Kasidi) selaku salah satu sesepuh desa menuju Ke Halaman Parkir Kampung Susu Lawu selaku tempat prosesi pagelaran adat berlangsung.

Adapun iring-iringan tumpeng ini mulai dari Cucuk Lampah, Kejawen, Para Prajurit, Punggawa Pembawa tumpeng, Pager ayu, Paraga Reog, dan Para Penari yang terdiri dari ibu-ibu dan remaja putri Lingkungan Singolangu.

Sesampainya di tempat prosesi adat dilakukan serah terima Tumpeng dari pihak pengiring dan diterima oleh pihak penerima yang berada di tempat prosesi. Kemudian dilanjut dengan slamatan.

Ada yang berbeda dalam pagelaran Suran kali ini, yaitu dengan adanya kegiatan flashmob tari serekan yang diikuti seluruh tamu undangan, dan para penari. Tujuannya agar budaya ini tidak semakin hilang tersingkir oleh arus jaman yang semakin berkhiblat dengan budaya barat.

Dalam acara suran kali ini juga dihadiri oleh Kadin Disparbud, Forkompimca, Mantan-Mantan Lurah Sarangan, dan Beberapa undangan yang lain.

Dipenghujung kegiatan juga dilakukan pemberian Penghargaan dari Kampus UNS Solo atas apresiasinya kepada Lingkungan Singolangu dan Kelurahan Sarangan yang telah melakukan kerjasama dengan mahasiswa d3 Vokasi kampus tersebut.

#keluarahansarangan #saranganasri #bersihdesa #suranlingkungansingolangu #singolangu

PRIMA SUHARDI PUTRA, SH, MH (LURAH)    SURATNO (SEKRETARIS KELURAHAN SARANGAN )    SRI ENDANG WAHYUNI, S.SOS (KASI PMEBERDAYAAN MASYARAKAT)    SETIA HADI (STAF)